Senin, 25 Januari 2010

Cara merawat Bonsai agar tumbuh subur dan sehat

Cara merawat Bonsai agar tumbuh subur dan sehat
Jika ingin koleksi bonsai anda subur dan sehat , maka harus bisa merawat dan menyiram air serta diberi pupuk secara periodik.
Media yang dipakai untuk menanam Bonsai bervariasi, mulai dari pasir gunung seperti pasir malang , sampai sekam bakar, pupuk kandang dan kompos tergantung dari jenis tumbuhan tersebut.
Perlu diingat kapasitas dan waktu penyiraman. Paling baik penyiraman dalam sehari itu dua kali. Pukul 08 00-09 00 dan pukul 16 00. Karena pada jam-jam tersebut, stomata daun membuka dan proses pemasakan bahan-bahan makanan dimulai. Jangan pernah anda menyiram pohon pada saat siang hari atau matahari terik, terkecuali untuk Adenium. Sedangkan pada tanaman lain umumnya dapat merusak daun dan produktifitas.
Kapasitas volume air yang diberikan juga harus tepat, agar tumbuhan tidak kekeringan atau malah menjadi busuk. Tumbuhan seperti Adenium dan Euphorbia, tidak membutuhkan air yang banyak, cukup disiram sekali sehari.Namun harus cukup sinar matahari.
Perihal pemupukan biasa dilakukan seminggu sekali. Bedakan pupuk untuk penyubur daun, penyubur bunga, penyubur buah, dan pupuk kompos.
Perawatan dilakukan setiap hari saat anda sedang melakukan penyiraman. Perhatikan daun-daun, bunga-bunga dan batang-batang pada tumbuhan anda. Jika ada yang berpenyakit, segera diberi obat, atau langsung dipotong, agar tidak menjalar ke bagian tanaman yang sehat.
Untuk daun agar sentiasa terlihat hijau berilah selalu pupuk daun 1 sendok makan dalam jangka sebulan 1 kali,untuk batang pohonnya gunakan pupuk organik,senantiasa memotong ujung bonsai tersebut atau prunning untuk mengontrol pertumbuhannya,untuk potnya gunakan filter atau pecahan genteng dan pasir agar air kelebihan saat penyiraman atau air hujan cepat merembes keluar,dengan begitu media tidak asam sehingga bonsai menjadi sehat. Selamat berkebun. ( Runita ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar